PON Road Race - Jateng Terkendala Merek Motor


Persiapan pebalap motor Jawa Tengah untuk tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII di Kalimantan Timur, 5-17 Juli 2008 tidak bisa maksimal. Hal ini karena terbentur aturan penggunaaan satu produk kendaraan yang bisa dipakai pesta olahraga multieven empat tahunan tersebut.
Ketua Umum Pengda IMI Jawa Tengah, H.R. Wing Wibisono pada pelepasan tim balap motor Jateng ke PON XVII di Semarang, Rabu (2/7) mengatakan, dari empat pebalap yang dipersiapkan turun di Kaltim hanya seorang yang biasa memakai produk kendaraan yang dipakai pada ajang tersebut, sedangkan tiga lainnya biasa dengan merek lain. Ajang roadrace PON dipegang pabrikan motor Suzuki.
”Terus terang PON XVII ini, kita tidak bisa maksimal karena aturan tersebut. Sebenarnya dalam klasifikasi kegiatan IMI, ajang PON dengan menentukan satu merek kendaraan atau OMR (”One Make Race”) itu tingkatannya paling rendah atau untuk pebalap pemula atau junior,” katanya seperti dikutip Antara, Kamis (3/7).
Menurut Wing, pihaknya melihat PON XVII itu bukan PON prestasi tetapi PON promosi karena semua pebalap yang tampil diharuskan memakai merek yang telah ditentukan Panitia Besar (PB) PON XVII.
Selain itu, pebalap tidak bisa membawa kendaraan sendiri dari daerahnya tetapi PB PON sudah menyiapkan kendaraan untuk berlomba para pebalap dari seluruh daerah di Indonesia. Ia mengaku, memang kendaraan itu standar, artinya semuanya baru dikeluarkan oleh pabriknya tetapi apakah nantinya mekanik bisa mengolah kendaraan itu sedemikian rupa atau tidak, sampai kini belum ada pemberitahuan dari panitia.
Kendati demikian, dirinya menjamin kalau para asuhannya akan tampil terbaik untuk bisa meraih prestasi terbaik di PON XVII. Mengingat semua pebalap yang diterjunkan memiliki jam terbang tinggi untuk ajang balap motor nasional.
”Kita memasang target bisa memertahankan perolehan emas di PON XVI/2004 untuk PON XVI/2008,” katanya. Pada PON XVI/2004 Sumatera Selatan, Jateng berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perunggu.
Pada PON XVII/2008 Kaltim, medali yang diperebutkan tetap sama, yaitu enam emas dan nomor yang dipertandingkan juga sama, yaitu kelas 110 cc, 125 cc, dan 150 cc. Jateng bakal menerjunkan empat pebalapnya pada PON XVII di Kaltim, yaitu Hokky Krisdianto, Bima Oktavianus, Agus ”Bledug” Setiawan, dan Ardi Satya Sadarma. (*/irac)

0 komentar:

Posting Komentar

Our Site